Tips Menghemat Uang Versi Mahasiswa

Rabu, 14 November 2012
Sebagai mahasiswa khususnya yang uang sakunya terbatas, tentunya sangat susah mengatur keuangan per bulannya. Uang saku yang terlalu mepet terkadang menyiksa diri apalagi bila kita sudah menginginkan sesuatu, entah itu untuk keperluan pribadi (handphone, jam, nonton bioskop dll) atau keperluan kuliah (praktikum, fotokopi, buku, dll).
Sebenarnya ada beberapa langkah untuk menyiasati hal ini, diantaranya:

1. Menabung


Menabung adalah hal mudah tetapi memberatkan untuk dilakukan. Menabung beberapa persen uang kiriman orang tua tiap bulan adalah jalan terbaik untuk hemat. Beli lah sebuah celengan yang sulit untuk dikeluarkan sebagai celengan untuk tempat penyimpanan uangmu. Salah satu penyebab mahasiswa kena kanker (kantong kering) adalah karena tidak memiliki tabungan.

2. Buat Catatan "To Do List"


 Sebagai seorang mahasiswa pasti pengeluaran kita sangat banyak. Oleh sebab itu, penting untuk kita membuat catatan pribadi tentang pengeluaran selama seminggu ke depan. Catat apa saja barang-barang yang akan kita beli, kemudian pisahkan uang tersebut dari uang bulanan kita. Lakukan hal ini tiap minggu secara rutin, dijamin akan sangat menolong untuk kita mempergunakan uang dengan berkualitas. 

3. Rajin Berolahraga



Berolahraga membuat badan kita menjadi sehat dan tidak sakit-sakitan. Kalau kita jatuh sakit, otomatis akan menguras isi dompet kita untuk membeli obat. Oleh sebab itu, penting untuk kita sebagai mahasiswa melakukan kebiasaan berolahraga. Mulai dari olahraga kecil seperti lari pagi atau bersepeda bersama teman-teman kampus pun sangat efektif.

4. Stop Merokok

Merokok adalah sebuah aktivitas yang dapat menyebabkan kamu terkena penyakit kanker sungguhan. Zat nikotin yang terkandung di dalam dapat membuat kamu ketagihan untuk terus membeli sebatang rokok. Walau harga sebatang rokok itu hanya 500 perak, tapi jika dikalikan banyak dan intensitas membeli yang cukup sering maka harga rokok itu bisa menjadi mahal. Jika kamu sudah terlanjur kecanduan
                                           merokok maka sebaiknya hentikan kebiasaan itu.

5. Bawa Uang Ala Kadarnya

Kekampus jangan terlalu berlebihan, sebaiknya bawa saja barang-barang yang penting demikian pula dengan uang. Berapapun uang yang kamu bawa dalam dompetmu pasti akan cepat habis, karena kamu akan terus tergiur untuk membeli berbagai macam makanan ketika meilhat persediaan uangmu masih banyak di dompet. Oleh karena itu, biasakanlah membawa uang seperlunya. (Fika)



Selamat mencoba mahasiswa!

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Saya ada tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan android :) cocok untuk pelajar,mahasiswa,atau siapapun..ga pake modal,ga pake hoax! Karena saya sudah buktiin sendiri :)

    Caranya:

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Setelah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode Ai04075
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa cairin duitnya :)

    Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $10 cepet kok, saya aja baru 2 hari udah kekumpul %6.7, duitnya bisa untuk pay pal, google play gift card,steam gift card, facebook gift card, macem macem deh pokoknya :D

    -Selamat Mencoba-
    Jangan lupa share tips berguna ini ya

Posting Komentar