Yes We Can (Save The World)!

Rabu, 05 Desember 2012
Berbicara tentang saving this world, percaya deh tidak ada tindakan yang terlalu kecil untuk dilakukan. Apapun yang kita lakukan, seberapa pun kecilnya, pasti akan berdampak bagi bumi kita. Make a small change in your life, be different, and help stop global warming.

1) Menanam Pohon
Setiap pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari, sedangkan setiap manusia bernapas memerlukan 0,5 kg oksigen per hari. Bayangkan, satu pohon saja sudah bisa menunjang hidup dua manusia.






 
2) Hemat Listrik
Hemat listrik bisa kita lakukan dengan mengganti bola lampu biasa dengan lampu CFL (compact fluoreseent lightbulb). Lampu CFL 7 watt sama terangnya dengan bola lampu 40 watt. Berarti kita hanya mengkonsumsi listrik seperlima dari biasanya.







3) Menaikkan temperatur AC
Dengan menaikkan temperatur AC sebanyak dua derajat lebih hangat, maka kita akan mencegah satu ton CO2 ke udara per tahun.









4) Mulai Jadi Vegetarian 
Mulai jadi vegetarian saja atau puasa daging selama satu hari dalam seminggu akan sangat berpengaruh terhadap efek pemanasan global. Karena, setiap hari sapi membutuhkan 5 kg rumput, ditambah 40 liter air sehari. Artinya itu sama dengan sepertiga lapangan sepakbola. Ini baru satu ekor sapi, coba bayangkan berapa banyak rumput yang kita cabut dan air yang kita habiskan? Selain itu, karena mengandung metana, seekor sapi bisa menghasilkan 200 liter gas karbon setiap hari.


5) Hemat Tissue

Tissue itu enggak bisa di recyle loh, jadi kalau tiap orang memakai enam lembar tissue setiap harinya, akan menjadi 2.200 lembar setahun. Jika kita menghemat satu lembar saja setiap hari, berarti kita mengurangi sampah kertas sebnyak 7 milyar tissue per tahunnya.








6) Hemat Menggunakan Kertas
Berpikirlah dua kali sebelum memencet Ctrl-P. Kalau bisa menggunakan sofcopy, kenapa harus membuang-buang kertas untuk memprint sebuah file? Menurut penelitian, rata-rata pegawai dan pelajar membuang sekitar 159 kg kertas per tahunnya.

7) Carpool When You Can
Kalau kamu pengguna kendaraan, coba deh ajak teman kamu untuk ikut bareng. Dijamin akan menghemat bahan bakar dan mengurangi karbon dioksida. Senyawa emisi kendaraan, selain menyebabkan pemanasan global, ternyata juga bisa merusak paru-paru serta menyebabkan penyakit pernapasan seperti asma.





Selamat menjaga bumi kita!

0 komentar:

Posting Komentar